Langsung ke konten utama

Mission Impossible 2 : Another Mission

Mission Impossible 2 : Another Mission
Kali ini gue akan melanjutkan cerita gue yang sebelumnya, yang judulnya Mission Impossible. Gue review sedikit, gue bareng Pratama sama Kurniawan berhasil meletakkan surat cinta temen gue dan mendapatkan nomor telepon cewe-cewe. Dan gue udah mencoba berkali-kali nelpon, tapi begitu diangkat, gue langsung tutup telponnya. Gue masih tetep gak berani buat ngomong lewat telepon, sampe sekarang.

Besoknya pas di sekolah, gue masih dalam masa-masa UAS. Gue pulang pagi, dan harus nunggu jemputan. Gue nganggur banget, bengong-bengong gak jelas, gak tau mau ngapain. Disaat lagi enak-enak bengong, tiba-tiba datang tiga orang cowo. Mereka adalah Pratama, Kurniawan, dan Gregorius.

‘Coy, lo lagi nganggur nih?’ tanya Pratama ke gue

‘Yoi, gak tau mau ngapain neh’ jawab gue

‘Lo inget misi kita sebelumnya kagak?’ tanya Kurniawan

‘Misi? Yang naroh surat sama cari-cari nomor telepon itu?’ tanya gue

‘Iya itu’ jawab Kurniawan

‘Nah sekarang, kita bakal cari nomor telepon lebih banyak lagi, tapi kali ini Gregorius ikutan’ kata Pratama

‘Oke gue juga ikutan’ jawab gue

Gue, Pratama, Kurniawan, dan Gregorius berjalan beriringan. Formasi yang kita gunakan masih sama, Kurniawan di depan, Pratama dibelakang Kurniawan, Gregorius dibelakang Pratama, dan gue paling belakang. Gue ngerasa kayak di Detektif Conan, dan kita berempat mirip sama grup detektif ciliknya. Kurniawan jadi Genta, Pratama jadi Mitsuhiko, Gregorius jadi Ayumi, dan gue jadi Conan.

Kenapa gue yang jadi Conan? Jawabannya bukan karena gue jenius atau pintar dalam membuat hipotesa, tapi karena gue dan Conan sama-sama yang paling pendek (hahaha, gak lucu tau -.-). Oke lanjut, jadi gue dan ketiga temen gue itu udah nyampe di lantai tiga. Kita gak bisa langsung beraksi, karena anak kelas 7 dan 8 lagi jam istirahat.

‘Gimana neh? Mereka pada didepan kelas semua’ tanya gue

‘Hmm, kita masuk ke kelas-kelas 9 dulu aja, kan pada kosong tuh kelasnya’ jawab Pratama

‘Oke’

Misi rahasia kita dimulai dari kelas 9A. Berdasarkan pengalaman gue sebelumnya, gue gak mau menugaskan Pratama buat jaga pintu lagi, pasti kacau balau jadinya. Tugas itu pun gue serahkan ke Kurniawan. Gue masuk dan langsung mencari map kuning di meja guru. Pratama dan Gregorius nyiapin bolpen sama kertas. Begitu gue nemu daftar nomor telepon, mereka langsung sibuk mencatat. Gue sih gak mau nyari nomor telepon di kelas itu, karena tujuan gue ada dikelas lain.

Tiba-tiba pintu kelas dibuka, gue kaget, Pratama kaget, Gregorius melongo. Refleks gue pun jongkok di bawah meja guru. Pratama lari ke arah belakang kelas sambil teriak-teriak gak jelas. Gregorius masih melongo di tempat semula. Gue menjulurkan kepala dan melihat ke arah pintu. Dari arah pintu, munculah Kurniawan dengan wajah tanpa dosa

‘Gimana coy?’ tanya Kurniawan

‘Anjritt Kamprett bikin panik aja lo’ teriak gue

‘Rese lo’ kata Pratama

Dan anehnya, Gregorius masih bengong di tempat. Gue, Kurniawan, dan Pratama kebingungan. Kita takut kalo-kalo Gregorius berubah menjadi makhluk gaib yang sakti dan bentuknya aneh-aneh. Pas gue senggol bahunya, dia akhirnya sadar

‘Hah? Apaan coy?’ tanya Gregorius

‘Lo kenapa bengong sih?’ tanya gue

‘Oh sorry, gue gakpapa kok, yaudah kita lanjut nyatet nomor telepon aja’ jawab Gregorius

‘Lo jaga pintu lagi gih, awas lo! Jangan sampe bikin panik lagi’ kata gue ke Kurniawan

‘Siapp bos’ jawab Kurniawan

Setelah dirasa cukup untuk mengorek informasi dari kelas 9A, gue dan grup detektif abal-abal ini berlanjut ke kelas berikutnya, 9B. Disini kita gak bisa dapet satu nomor pun, karena disitu kadang saya merasa sedih. Eh, yang tadi gue becanda. Kita gak dapet satu nomor telpon pun di kelas 9B, karena dikelas itu gak ada map kuningnya.

Misi berlanjut ke kelas 9C. Kali ini gue bertukar posisi dengan Kurniawan. Karena Kurniawan merupakan anak kelas 9C, jadi dia tau persis siapa aja yang cakep di kelas 9C. Disaat mereka sedang asik mencatat nomor telepon, tiba-tiba lewat seorang guru di depan 9C. Gue panik, tapi entah kenapa gue gak bisa gerak. Gue bener-bener mati kutu. Gue berusaha menjaga image se cool mungkin biar guru itu naksir sama gue. Oke gue Cuma becanda. Gue berusaha menjaga sikap agar guru tersebut enggak curiga.

Guru itu lewat didepan gue, lalu berhenti dan menghampiri gue. Dia ngeliatin gue, gue ngeliatin dia. Dia senyum ke gue, gue senyum ke dia. Kampret, kenapa jadi kode-kode an gini? Gak Cuma kode-kode an, gue juga ngalamin eye contact. Karena gue masih normal (baca : masih suka sama cewe yang seumuran), gue pun berusaha bersikap ramah sama guru itu.

‘Selamat siang bu’ gue mencoba untuk nyapa duluan

‘Selamat siang, kamu kok belom pulang? Ngapain di depan situ?’ tanya guru itu

‘Eh, ah, saya Cuma lewat, ini juga mau pulang’ jawab gue panik

‘Ohh, yaudah’ jawab guru itu

Setelah moment akward itu terjadi, guru itu pun berlalu pergi. Gue menghela napas panjang. Gue lalu masuk ke kelas 9C, dan menceritakan apa yang baru saja terjadi. Ironisnya mereka semua malah ngetawain gue, dan mereka gak tau rasanya di kode-kode in dan eye contact sama guru *jari tengah*

Setelah misi di kelas 9C selesai, misi berlanjut ke kelas gue, 9D. Kali ini Kurniawan kembali menjaga di luar, dan sisanya kembali mencatat nomor telepon, termasuk gue. Dikelas 9D ini misi berjalan lebih cepat, karena gue,Pratama dan Gregorius sama-sama anak kelas 9D. Dan kita udah tau sebagian besar nomor telepon cewe-cewe dikelas kita. Bahkan ada beberapa nomor yang kita udah hafal di luar kepala.

Misi terakhir dikelas 9E. Formasi yang kita gunakan masih sama, Kurniawan penjaga pintu, dan sisanya mencatat nomor telepon, termasuk gue. Setelah mendapatkan cukup banyak nomor telepon, tiba-tiba Pratama melihat sesuatu. Setelah di telaah bersama, ternyata itu sebuah kartu pelajar. Disitu tercantum nama cewe dan juga fotonya.

‘Anjrit nih cewe cakep banget’ kata Gregorius sambil memandangi kartu itu

‘Iya nih’ Pratama menimpali

‘Biasa aja tuh’ jawab gue

‘Kita balikin aja kartu pelajarnya, biar sekalian bisa modus’ kata Gregorius

‘Iya ayo-ayo’ jawab Pratama

‘Gue gak ikutan’ jawab gue

Awalnya mereka ingin mengembalikan kartu pelajar yang ketinggalan itu, tapi akhirnya niat itu mereka urungkan, dan gue gak tau apa alasannya. Gue dan grup detektif abal-abal ini menunggu di lantai dua. Apa yang kita tunggu? Kita menunggu anak kelas 7 dan 8 masuk, dan menunggu ada kelas yang kosong. Dengan begitu, misi mencari nomor telepon cewe cakep bisa kita laksanakan.

Tapi malang tak dapat ditolak, untung sepupunya donal bebek. Gak ada satu pun kelas yang kosong. Harapan yang tadinya datang dengan gemilang, kini hilang tinggal kenangan. Hanya tersisa kepulan-kepulan penyesalan yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Gue menceritakan pengalaman gue ini ke temen gue yang lain. Dan pas gue cerita, dia malah ketawa ngakak. Dia bilang ke gue, kalo gue jadul banget. ‘Hari gini lo masih telpon-telponan? Gak jaman kelesss.. sekarang kan jamannya BBM, Instagram, Snapchat, Ask.fm dan lain-lain yang lebih canggih dari sekedar nelpon’

Gue nepuk jidat berkali-kali sambil bilang ‘kenapa baru kepikiran sekarang? Duh bego bego bego’. Walaupun begitu, gue masih suka dengan cara-cara jadul. Cara-cara yang digunakan remaja awal tahun 2000an untuk mendekati cewe. Karena dijaman itu internet dan sosial media gak secanggih sekarang, maka cara-cara pendekatan ke cewe pun unik-unik.

Salah satu cara yang paling gue suka adalah nelpon ke rumah gebetan. Dan hasilnya? Selalu gue tutup begitu suaranya yang indah terdengar. Trus ada juga yang namanya kencan buta. Jadi si cowo dan si cewe gak saling kenal, dan janjian di suatu tempat. Kalo mereka cocok, biasanya berakhir dengan jadian. Kalo engga? Biasanya berakhir dengan kalimat ‘Sorry gue sibuk, gak bisa lama-lama’ lalu mereka pergi.

Cara-cara seperti itu emang gak ada apa-apanya dijaman sekarang yang serba modern. Karena cara-cara pdkt di awal tahun 2000an membutuhkan keberanian ekstra untuk melakukannya. Dibutuhkan perjuangan yang berat demi pendekatan ke gebetan. Dan rata-rata orang yang berhasil pacaran dengan cara-cara jadul seperti ini jauh lebih langgeng dibanding pasangan-pasangan yang jadian dengan cara mudah.

Tapi itulah cinta. Cinta itu kotak, sama disetiap sisinya. Cemburu itu segitiga, tajam disetiap sisinya. Rindu itu lingkaran, tak berujung. Dan sampe sekarang pun gue masih gak ngerti apa itu cinta. Walaupun gue udah nulis kurang lebih lima belas bab di blog ini, tapi tetep aja gue masih gak ngerti apa itu cinta. Cinta itu emang rumit dan butuh logika tingkat tinggi untuk dimengerti.


Kapan gue bisa mengerti arti cinta? Gue sendiri juga nggak tau, tapi yang pasti, itulah Mission Impossible buat gue selanjutnya. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Ruang Detensi

Sekolah gue menerapkan sebuah peraturan baru, yang katanya diadaptasi dari film Spider-Man : Homecoming . Peraturan tersebut bertujuan untuk memberikan efek jera kepada para pelanggar. Jadi di sekolah gue, ada sebuah ruangan baru. Ruangan tersebut diberi nama Detention Room (Ruang Detensi). Jadi semua pelanggar, apapun jenis pelanggarannya, bakal dimasukkan ke ruangan itu selama sehari. Jadi mereka gak bisa bareng temen-temen kelas mereka, dan jam istirahatnya pun dipisah. Mereka akan belajar sendiri di ruangan itu, dan guru hanya memberikan tugas. Awalnya gue gak peduli dengan kebijakan baru ini. Toh gue juga gak pernah melanggar aturan sekolah. Hal itu gue pegang teguh, sampe suatu ketika, temen gue dari kelas lain ada yang salah seragam, dan otomatis dia harus masuk ke ruangan ajaib itu. Karena gue dan dia satu antarjemput, ketika pulang sekolah dia membagikan pengalamannya berada di ruangan detensi. “ Gimana di ruang detensi? ” tanya gue. “ Asyik cuy, banyak temenny...

GURU MAGANG TERSAYANG

GURU MAGANG TERSAYANG SEBAGIAN besar guru-guru senior di sebuah sekolah, identik dengan galak, kasar, suka marah, suka mukul penggaris, suka lempar sepatu, suka lempar kutang (lho?). Intinya, banyak murid-murid sekolahan yang gak suka sama guru senior. Dikit-dikit dimarahin, dikit-dikit dipukul, dikit-dikit dibunuh dihukum. Suasana belajar mengajar pun jadi tidak nyaman. Tapi kenapa guru senior itu masih dipekerjakan di sekolah? Jawabannya sederhana. Guru-guru senior memiliki pengalaman mengajar yang sudah mumpuni, jadi diharapkan guru senior ini bisa meningkatkan hasil belajar murid-murid. Tapi dijaman sekarang ini, sekolah-sekolah sudah memiliki solusi selain memberdayakan guru-guru senior, yaitu dengan memperkerjakan calon guru. Istilah beken nya guru magang. Calon-calon guru ini dipekerjakan agar memiliki jam terbang dalam mengajar. Biasanya guru-guru magang ini terdiri dari mahasiswa-mahasiswa kuliahan yang baru aja lulus. Itu artinya, guru-guru ini usianya gak beda jauh...

Suka Duka Kelas 12

Menjadi siswa kelas 6, 9, dan 12 itu seperti impian sejuta pelajar di Indonesia. Pas SD pengen cepet-cepet kelas 6 biar bisa ikut acara perpisahan ke luar kota. Pas SMP pengen cepet-cepet kelas 9 biar bisa liburan lebih lama. Pas SMA pengen cepet-cepet kelas 12 biar bisa liburan sendiri bareng temen-temen karena udah bisa nyetir mobil secara legal. Banyak orang menginginkan berada pada suatu tingkat tertentu, tetapi mereka gak tau bahwa beban yang harus dipikul sangatlah berat demi berada pada tingkatan tersebut. Setelah UNBK tingkat SMA selesai beberapa waktu lalu, beberapa adik kelas yang gue kenal bilang ke gue, “ Enak ya kak, udah bebas. Liburnya juga lama banget. Jadi pengen cepet-cepet kelas 12 juga deh. ” Ya, kalo dipikir-pikir, bener juga sih. Kita libur mulai dari April-Juli. Bahkan ada beberapa kampus yang memulai kegiatan kuliah di bulan Agustus. Tapi, mari kita jabarkan satu per satu, hal-hal yang harus dilakukan ketika kamu berada di kelas 12. Yang pertama ...